Selasa, 09 Juli 2013

Pemain-pemain Persidey. (Foto:Ilustrasi/ILS)

*Oleh: Jhon Pakage


Konsep dan Strategi Pengembangan SepakBola di  Persatuan Sepak Bola Deiyai (Persidey)
Pendahuluan

sesuai UU No 40 Tahun 2009tentang Kepemudaan. UU tersebut menyebut 3 pilar yang fokus pada kepemudaan,yakni penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan pemuda.

Masa muda adalah masa yangrawan. Dalam masa ini, kegagalan atau keberhasilan dalam melewati masa ini akanterus terbawa pada masa dewasa atau menjadi ciri kepribadiannya pada masadewasa.

Sehingga pada masa mudaperlu pola pengembangan yang tepat sehingga masa muda diisi dengan hal – hal membangundiri.

Sepakbolatelah menjadi jalur kehidupan Olahragabanyak negara termasuk Deiyai (Persidey). Kasih dari permainan begitu intrinsikyang tuamenyediakan peralatan dan perlengkapan Sepakbola sepak bolauntuk anak-anak mereka pada usia yang sangat dini. Dipandu oleh orang tua sepak bolaseperti itu, beberapa anak diberikan bola begitu merekabelajar berjalan, beberapabahkan sebelumnya. Dalam beberapa kasus, ini adalah anak-anak paparan pertamaharus permainansepak bola.

Namun,untuk hak perawatan untuk bermain sepak bola profesional, adalah penting bahwasepak bola pembinaan diberikan pada usia muda. Seorang anak dengan sepak bolayang tepat pelatihanbisa dipersiapkan untuk menjadi pemain berkualitas dan yang lebih pentingseorang mahasiswa yang lebih baik dari permainan. Ini adalah semua tentangbelajar taktik daripermainan di mana Anda belajar tidak hanya keterampilan tentang bagaimana untukmembuat lulus besar, skor suatu tujuan yang luar biasa, menggiring bola olehseseorang dengan mudah, tetapi juga untuk mengembangkan strategi untuk menangyang merupakan Tujuan utama.

Penggemarsepakbola Namun, stres pada aspek pembinaan sepak bola, bahwa tujuan akhir daripara pemain dalam periode belajar untuk tidak berfokus pada hasil pertandingan,tetapi bekerja untuk menciptakan tingkat kepercayaan dan kenyamanan denganbola. Sangat penting bahwa seorang pemainsepak bola muda menyukai permainan dan bekerja pada peningkatanketerampilan dengan latihan sepak bola biasa.

Beberapa elemen yang pentingdalam permainan Sepakbola Sepakbola adalah Balls (tanpa permainan yang tidakada artinya), TujuanSepakbola pos, pemain semua unsur telah ditentukan dengan aturan-aturantertentu dan peraturan untuk mengikuti yang membuatnya mudah bagi pemain untukmemainkan permainan.

FungsiMenegemen di Persidey

Manajersepak bola adalah jabatan di suatu klub sepak bola yang bertugas mempersiapkandan mengelola sebuah tim sepak bola. Cakupan atau lingkup tugas manajer sepakbola berbeda-beda, tergantung pada budaya dan peraturan sepak bola suatu negaradan klub. Mengacu pada perkembangan persepakbolaan Eropa seorang manajer sepakbola dapat mendelegasikan tugasnya kepada pelatih dan atau asisten pelatihdalam mengembangkan kemampuan individu dan taktik dari para pemainnya. Sepertihalnya seorang manajer pada sebuah perusahaan (non sepak bola), disamping harusmenguasai taktik dan teknis sepak bola seorang manajer sepak bola juga harusmenguasai fungsi manajerial. Empat fungsi manajerial yang melekat pada seorangmanajer sepak bola diantaranya (Management, Robbins 1994):

1.Fungsi planning
Fungsi ini mencakup merumuskan strategi untuk mencapai tujuan organisasi, dalamhal ini menjadi juara pada setiap kompetisi. Pada fungsi ini manajer sepakbolabekerjasama dengan komisaris dan direktur utama yang memegang peranan penting.

2. Fungsi organizing
Fungsi organizing termasukmendelegasikan tugas atau tanggung jawab pada setiap staffdan pemainnya.Menugaskan pemain untuk ditempatkan pada posisi terntentu sesuai dengankemampuannya.

3. Fungsi leading
Diantaranya memberikan inspirasi dan memotifasi setiap pemain dan staffnyasupaya bekerja secara maksimal guna mencapai tujuan tim. Memunculkan danmengembangkan bakat pemain.

4. Fungsi controlling 
Menilai atau mengukur sudah seberapa efektif organisasi dalam mencapai tujuanorganisasi dan melakukan perbaikan pada setiap lini organisasi.

Untukmemenuhi fungsi organisasi secara spesifik seorang manajer sepak bola harusmempunyai kemampuan interpersonal organisasi, komunikasi (analisa danmenanggapi informasi secara bijak), serta pengambilan keputusan yang baik (TheNature of Managerial Work, Mintzberg 1973). Seorang manajer sepak bola harusdapat membangun tim yang solid, menganalisa kinerja pemain dari berbagaisumber, berkomunikasi secara efektif baik dengan manajemen, pemain maupun media(dari rekaman video dan saran dari staffnya), memutuskan pemain yang harusdimainkan dalam sebuah pertandingan dan merespon ketika ada pemain yang cidra.

Manajersepak bola harus memilih 11 pemain utama diantara 20 sampai 25 pemain tanpaharus menurunkan motivasi pemain yang tidak masuk dalam tim inti danmenimbulkan konfilk didalam tim. Menyiapkan taktik permainan yang sesuai denganmemilih pemain yang sesuai untuk mengisi setiap posisi. Menganalisa kemampuantim lawan termasuk kelebihan dan kekurangannya. Manajer sepak bola juga tidakhanya menjaga performa pemainnya didalam lapangan tetapi juga diluar lapangan,karena kehidupan pribadi pemain biasanya diekspos oleh media sehingga isu yangberkembang diluar lapangan dapat mempengaruhi performa pemain.

SISTEMPEREKRUTAN PEMAIN SEPAK BOLA DI INDONESIA 

Sistem Perekrutan Pemain diIndonesia sangat jauh berbeda dengan tim Eropa atau Amerika Latin. Fisik yangdilihat, Tinggi / Berat / Otot / Stamina, dan lain - lain yang menyangkutpenampilan fisik. Untuk skill / kemampuan pemain itu dilihat Belakangan.Itulah yang menyebabkan kenapa pemain - pemain Sepak Bola di Indonesia tidakada yang memiliki kemampuan layaknya Messi, Jermain Defoe, Owen, Xavi, Iniesta,atau semua pemain bertubuh pendek tetapi skill mempuni.

Lain dari pada itu, infrastruktur lapangan / arena unjuk gigi para Pemain kitapun tidak dalam kualitas baik, hal itu yang menyebabkan kemampuan pemain kitatidak berkembang, malah bermain dengan "Asal Tendang".

Deiyai memiliki 5 distriksaat ini (kedepan akan bertambah) sehingga perlu ada kompetisi antar Distrikdengan tujuan Meneger Persidey dapat merekrut para pemain yang memiliki skiluntuk selanjutnya bergabung dalam Persidey.

Bisnisdalam klub Bola

Olahraga bukanhanya sekedar olah fisik semata namun merupakan sebuah olah bisnis yang luarbiasa besarnya. Banyak cabang olahraga yang dapat dijadikan sebagai mesin uangbagi para pebisnis, namun dalam ulasan ini kita coba salah satu cabang olahraga yang memiliki potensi bisnis yang dahsyat yaitu sepakbola. Kita akan lihatbeberapa aspek dalam sepakbola terkait dengan bisnis yang ada didalamnya,seperti :
  1. Potensi sumber pemasukan
  2. Market share
  3. Kompetisi sepakbola di Indonesia
  4. Kompetisi sepakbola di eropa
1. Potensisumber masukan
Bicara bisnistentunya bicara pemasukan dan bicara pemasukan akan tertuju pada geliat dariklub sepakbola, lihat betapa bisnis sepakbola sangat banyak peluang yang dapatdijadikan sumber pemasukan bagi klub sepakbola, seperti misalnya :

A. Sponsor
Tidak bisa dipungkiri lagi peranan sponsor sangat besar manfaatnya. Uang akanderas mengalir ke klub dari lahan ini. Namun yang jadi masalah, sponsor tidakakan datang jika klub tidak meyakinkan dari segi bisnis. Inilah tantangan bagiklub-klub sepakbola untuk bekerja sekeras mungkin agar sponsor mau datang. Kitalihat contohnya dibeberapa klub elit dieropa, betapa sponsor sangat menjadipenting terhadap pemasukan sebuah klub :
  1. Skotlandia, 14,1 juta pounds atau 224 milyar rupiah adalah nilai total kontrak selama empat tahun dengan perusahaan bir Coors dengan dua tim raksasa Skotlandia yakni Glasgow Rangers dan Glasgow Celtic. Kontrak ini akan membuat logo Carling terpampang dalam kostum kedua tim tersebut.
  2. Inggris, Kontrak yang dibuat Manchester United dengan perusahaan asuransi AIG. MU mendapatkan 14,1 juta pounds atau 224 milyar rupiah per musim akibat kontraknya dengan AIG. Nilai ini merupakan sponsor kaos ini merupakan yang terbesar diantara klub Premier League lainnya.
  3. Jerman, Nilai kontrak per tahun antara Bayern Muenchen dengan perusahaan telepon T-Mobile sebesar 13,5 juta poundsterling atau 216 milyar rupiah.
  4. Spanyol, 12 juta poundsterling atau 192 milyar rupiah jumlah uang yang didapat Real Madrid dari sponsor kostum mereka Bet And Win, sebuah bandar judi online. Ini jumlah terbesar dari seluruh klub Divisi Primera
  5. Rusia, 12 juta poundsterling atau 192 milyar rupiah, nilai kontrak per tahun antara CSKA Moscow dengan perusahaan minyak Sibneft, sebelum perusahaan ini akhirnya dijual oleh milyader Rusia, Roman Abramovich.
  6. Belanda, Nilai kontrak per tahun antara Ajax Amsterdam dengan perusahaan asuransi dan pensiun Belanda, AEGON menjadi yang terbesar di negerinya. Dilaporkan Ajax mendapat bayaran antara 8 hingga 9,5 juta pounds per tahun atau 152 milyar rupiah.
  7. Italia, Sama seperti El Real, Bwin juga menjadi sponsor bagi AC Milan. Kontrak antara berlangsung selama empat tahun dan akan berakhir tahun 2010. Milan mendapatkan bayaran 6,7 juta pounds atau 107 milyar rupiah per musim .
  8. Perancis, Olympique Lyonnais menjadi klub dengan nilai sponsor kostum terbesar setelah mengikat kontrak dengan jaringan bisnis hotel Accor. Mereka mendapat 6,3 juta pounds atau 100 milyar rupiah dari hal tersebut.
  9. Brasil, 4,9 juta poundsterling atau 78 milyar rupiah, nilai kontrak per tahun antara Sao Paulo dengan perusahaan elektronik Korea, LG. Terbesar dibandingkan klub Brasil lainnya.
  10. Amerika Serikat, LA Galaxy mengikat kontrak selama empat tahun dengan perusahaan Herbalife. Setiap tahun mereka mendapatkan bayaran 1,75 juta pounds atau 28 milyar rupiah dari kesepakatan tersebut
B. Tiket

Tiket akan lakudibeli penonton jika klub punya permainan menarik dan tentu saja aman saatpertandingan berlangsung. Jika hal ini terjadi maka dengan sendirinya penontonakan datang berbondong-bondong yang ujung-ujungnya akan menghasilkan uang jugadari penjualan tiket. Berikut gambaran bagaimana sepakbola mampu menyedotbegitu besar pendapatan dari sektor pertunjukan live dari tiket penonton :
  • sebagai contoh salah satu klub papan atas liga inggris yaitu Arsenal, dengan Kapasitas Emirates yang mencapai 60 ribu tempat duduk memacu pemasukan dari tiket. Pada musim 2006/2007, tahun pertama stadion itu dipakai, Arsenal memperoleh pemasukan 90,6 juta pounds. Rata-rata, tiap kali Arsenal bertanding di sana, diperoleh penghasilan dari tiket sebesar 3,1 juta pounds atau sekitar 49 Milyar rupiah.
  • Harga tiket termurah City melawan Liverpool, 5 Oktober, senilai 36 pounds (64 dolar AS) atau Rp601.600. Sedangkan tiket juara bertahan Liga Jerman, Bayern Munich lawan Werder Bremen, pekan ini, hanya 15 euro (21 dolar AS) atau Rp197.400. Artinya, harga tiket big match Liga Jerman tak ada setengahnya dibanding Liga Inggris
  • Dari 20 team yang berlaga di English Premiership, hanya Vicarage Road, stadion Watford yang mempunyai kapasitas di bawah 20.000 orang. Sisanya di atas 40.000, bahkan Old Trafford dan Emirates Stadium mampu menampung hingga di atas 60.000 orang. Satu-satunya stadion di Liga Inggris yang mempunyai kapasitas paling besar di Inggris Raya adalah Old Trafford yang memiliki 76.000 tempat duduk.
  • Di Liga Inggris, Rekor penonton terbanyak sepanjang masa stadion ini berdiri adalah pada 25 Maret 1939 dimana Wolverhampton Wanderers berhadapan dengan Grimsby Town di semi final FA Cup, dengan total jumlah penonton 76.962 orang. Sedangkan pada masa kini, rekor terbesar dicetak pada 1 Oktober 2006 kemaren dimana sebanyak 75.644 orang menyaksikan pertandingan kandang Manchester United melawan Newcastle United
C.Merchandiseratau pernak-pernik

Ini juga merupakan sumber pemasukan yang tidak kalah hebatnya. Dengan menjualpernak-pernik seperti kostum tim, handuk, gantungan kunci, pulpen dll yang adalogo timnya diharapkan akan laku manis. Tentunya berbanding lurus dengankualitas klub. Semakin baik prestasinya dan goodwillnya tentu penjualan darimerchandiser ini juga semakin dahsyat. Beberapa fakta terkait hal ini :
  • Fenomena yang menonjol adalah kesuksesan promosi perusahaan Adidas dalam memasarkan produk bola merek Roterio pada saat kejuaraan Piala Eropa pertengahan tahun 2004 lalu. Saat itu, Adidas-Solomon dan UEFA sepakat hanya memakai bola Roterio saat kejuaraan berlangsung. Dampaknya, Roterio yang dijual eceran seharga $120 itu terjual 6 juta buah. Majalah BisnisWeek (2004) lalu menilai, laris-manisnya Roterio ini adalah bukti keberhasilan pihak Adidas yang mampu menangkap kekuatan komersial sepakbola yang luar biasa
  • Di seluruh dunia, sepakbola mampu menghasilkan sekitar $3,1 miliar per tahun dari penjualan produk-produk bermerek terkait sepakbola, seperti kaos, sepatu dan jenis merchandise lainnya
  • Klub Manchester United (MU) dari Inggris memiliki penjualan tahunan $317 juta. MU memang bisa menjadi patokan keberhasilan industrialisasi sepakbola dunia. Klub ini berhasil membangun basis penggemar global dengan memainkan berbagai pertandingan eksebisi di luar Inggris. Pasar internasional menyumbang 40% penjualan kaos MU
  • Di Prancis klub Olympique de Marseille setelah dikelola melalui manajemen bisnis pada tahun 1996 mampu meningkatkan penjualan seragam tim, yang diecer $ 80 dari sebelumnya 20.000 meningkat menjadi 250.000 kostum
D.Hak siar TV

Hak siar merupakan salah satu komponen pendapatan yang cukup menyumbangkankontribusi keuntungan klub-klub sepakbola, banyaknya jumlah pertandingan dalamkompetisi baik lokal maupun domestik memberikan pendapatan yang sangatsignifikan, khusunya bagi klub-klub besar yang memiliki basisi fans dansuporter yang besar dan mendunia. Berikut data terkait hak siar yang didapatkanoleh beberapa klub dunia :
  • MU, yang juara Liga Primer dan finalis Liga Champions, mendulang uang terbesar dari ketiga tim saingannya. ‘Setan Merah’ mendapat 90 juta poundsterling (Rp 1,5 triliun) dari hadiah uang dan siaran televisi seluruh kompetisinya, dari jumlah tersebut 33,7 juta poundsterling (Rp 563 miliar) didapatkan dari perjalanan mereka di Liga Champions. Disebutkan bahwa klub seperti MU mendapatkan total 12 juta poundsterling (Rp 200 miliar) setelah tak kurang dari 25 pertandingannya ditayangkan langsung
  • Liga Inggris dengan segala kemewahan kompetisinya telah menekan kontrak tayang televisi senilai 2,7 miliar poundsterling atau sekitar Rp 44 triliun hingga musim kompetisi 2009/2010
E.Kontrakpemain

Inilah sumber pemasukan yang sangat besar jumlahnya. Banyak strategi yangdilakukan terhadap mode pendapatan ini, seperti membeli pemain muda yangbiasanya murah, kemudian mengasahnya dalam latihan dan pertandingan, kemudianmenjualnya dalam jumlah yang sangat tinggi atau bisa langsung mendapatkanbintang sepakbola yang telah siap pakai untuk mengejar kemampuan klub dalammengejar kompetisi.Terkait dengan perputaran uang dalam mode iniberikut adalahdata yang ada :
  • Liga Inggris dengan 20 tim klub Premier League musim kompetisi 2006-2007, besarnya jumlah pengeluaran klub untuk membayar gaji pemain, untuk kali pertama sepanjang sejarah, jumlah pengeluaran klub-klub untuk menggaji pemain mencapai jumlah satu miliar poundsterling (Rp 18,4 triliun), jumlah ini mengalami peningkatan yang signifikan, yakni sebesar US$ 2,77 miliar (Rp 25,9 triliun) atau naik 13% dibanding musim sebelumnya.
  • Real madrid dengan visinya untuk membangun tim bertabur bintang, pada tahun 2006, visi tersebut menghabiskan 429 juta dolar AS atau Rp3,9 triliun. Real membeli 17 pemain bintang dari berbagai negara, diantaranya David Beckham (Inggris), Zinedine Zidane (Perancis),  dan Ronaldo (Brasil).
  • Presiden Real Madrid, Florentino Perez pun kemudian terus mewujudkan ambisinya untuk membangun Galacticos jilid kedua dengan mendatangkan Kaka, Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, Xabi Alonso hingga Raul Albiol. Total uang belanja Madrid di musim 2009/2010 adalah 252 juta euro atau sekitar Rp 3,6 triliun
  • Diberitakan TheSun, dalam Liga Inggris, rekor nilai transfer didapatkan oleh Manchester City, yang  mengeluarkan sejumlah uang dengan total berjumlah 118 juta poundsterling atau sekitar 1,9 trilyun rupiah. Dari jumlah tersebut Mark Hughes(manajer City) bisa mendapat Emmanuel Adebayor, Carlos Tevez, Santa Cruz, Gareth Barry dan Kolo Toure.
  • Menurut penelitian dari Forensic Sports Industry Team dari badan akuntan KPMG, angka belanja dari tim Liga Primer bursa transfer musim panas tahun 2009 terlihat semakin menurun. Angka belanja netto klub-klub Liga Primer sebesar 81 juta poundsterling (Rp 1,3 triliun). Sementara tahun 2008 adalah 210 juta poundsterling (Rp 3,42 triliun)
Tentu untuk menjadi timsebesar itu butuh perhatian serius dari semua pihak namun jika ada keseriusanmaka soal sukses hanya soal waktu. Persidey bisa.



*Penulis adalah Wartawan Senior Papua. Sekarang Ia Berdomisili di Wakeitei Kab. Deiyai
Categories:

0 komentar:

Poskan Komentar